Wednesday, October 1, 2014

Danau Beratan

Danau Beratan adalah salah satu danau yang ada di Bali, danau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan cocok dijadikan sebagai tempat berlibur yang akan memberikan suasana santai bagi para pengunjung. Selain menikmati keindahan yang ada disini, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan menyewa kapal boat yang sudah disediakan disana.


Pura Ulun danu merupakan salah satu objek menarik yang berada di kawasan Danau Beratan dan menjadi sasaran utama bagi para photografer.

Sejarah Pura Ulun Danu

dalam sejarah Pura Ulun Danu diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.

Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, dalam lontar tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu ini, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu diberi gelar oleh rakyatnya dengan nama ” I Gusti Agung Sakti”.

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:

Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.

0 komentar:

Post a Comment